Senin, 01 Oktober 2012

Kenali ciri-ciri kanker prostat

Apa ciri ciri kanker prostat? Kanker prostat adalah type kanker pemicu kematian sangat banyak nomor tiga pada kaum pria. untuk pria berumur diatas 74 th., adalah type kanker utama yang mengakibatkan kematian. kanker prostat jarang ditemukan pada pria berumur dibawah 40 th.. umumnya kanker prostat tidak menyebabkan tanda-tanda yang luar biasa ( extraordianary ), dikarenakan sel kanker berkembang dengan perlahan serta penyebaran amat lambat. bila tidak hati-hati, pasien baru sadar ketka kanker telah meraih stadium lanjut. tersebut sebanyak sinyal tanda kanker prostat yang pantas diwaspadai : 

Anda perlu waktu lebih dari satu detik untuk mulai kencing / mengeluarkan air seni 
aliran kencing tidak lancar atau terputus-putus ; urin / air seni mengalir dengan perlahan serta perlu waktu lama untuk berkemih. perihal ini dikarenakan oleh penyumbatan parsial pada aliran urine melewati uretra 
perasaan tetap ada yang tertinggal : meskipun anda sudah selesai kencing, namun anda tetap jadi belum keluar seluruh ; air seni tetap menetes-netes meskipun sudah selesai buang air kecil ; lebih dari satu waktu lantas, sedikit urine yang tertinggal tiba-tiba keluar hingga membasahi celana didalam anda 
air seni berwarna merah ( dikarenakan darah ) 
anda sukar menahan kencing 
anda kerap jadi kebelet kencing tiba-tiba serta frekuensi kencing anda jadi seringkali 
anda kerap terbangun di malam hari untuk buang air kecil 
anda jadi nyeri saat kencing atau ejakulasi maupun waktu buang air besar 
anda jadi nyeri pada punggung bagian bawah 
anda jadi nyeri pada pangkal penis ( bila kanker telah masuk stadium lanjut ) 
lebih dari satu tanda-tanda diatas adalah tanda-tanda normal yang biasa dialami pria lanjut usia dikarenakan pembesaran prostat normal ( bukan hanya kanker ). bila anda sangsi baiknya periksa ke dokter. bila dilewatkan, kanker prostat bisa menyebar ke tulang ( terlebih tulang panggul, iga serta tulang belakang ) atau ke ginjal ( hingga mengakibatkan gagal ginjal ). 

diagnosis / deteksi kanker prostat 

tersebut disini sebanyak metode untuk diagnosa kanker prostat : 

mengukur pancaran urin : dengan alat bernama uriflowmetri, seberapa besar pancaran urine bisa diukur. aliran kencing yang lemah atau terputus adalah indikasi awal untuk meneruskan kontrol. 
colok dubur : dokter memasukkan jari ke didalam anus anda untuk meraba bagian belakang kelenjar prostat, untuk mendeteksi pembesaran atau pengerasan prostat. pada pasien kanker ada benjolan keras yang memiliki bentuk tidak beraturan. 
tes darah : mengukur kandungan antigen spesial prostat ( prostate-specific antigen / aps ) didalam darah. psa adalah protein yang diproduksi oleh sel prostat ( baik sel normal ataupun sel kanker ). makin jadi tambah umur, jumlah produksi psa semakin jadi tambah. kandungan psa yang tinggi bisa adalah indikasi kanker. 
analisa urin : kandungan pca3 yang tinggi didalam air seni bisa adalah indikasi kanker prostat. tes ini lebih akurat dibanding tes psa. 
biopsi : mengambil sampel jaringan prostat untuk di check dengan mikroskop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar